Tuesday, February 26, 2013

Makanan Untuk Diabetes

Sarapan Untuk Diabetes




Makanan sangat penting untuk mengontrol diabetes, termasuk makan pagi alias sarapan. Sarapan yang sehat dapat menjaga gula darah Anda tetap dalam keadaan baik. Apa saja? Untuk menjaga kadar gula darah, pasien diabetes harus konsisten menjaga waktu dan porsi makan. Sarapan pada waktu yang sama setiap hari dengan jumlah makanan yang konsisten, terutama karbohidrat, dapat membantu penderita diabetes mengatur gula darah lebih baik.

Karbohidrat meliputi pati, buah, susu atau yogurt. Dokter atau ahli gizi biasanya menentukan berapa banyak yang pasien butuhkan untuk sarapan. 



Tapi menurut American Diabetes Association , pasien diabetes bisa sarapan sebanyak 45 sampai 60 gram. Dilansir Livestrong , berikut beberapa makanan sehat yang baik untuk pasien diabetes:



1. Sereal

Sereal adalah sarapan yang sehat untuk pasien diabetes. Carilah sereal tawar dengan lebih dari 2,5 gram serat per porsi. Gunakan susu skim atau susu dengan 1 persen lemak untuk membatasi asupan kalori dan lemak jenuh. Orang dengan diabetes memiliki tingkat lebih tinggi menderita penyakit jantung sehingga harus membatasi asupan lemak jenuh. Sarapan 45 sampai 60 g karbohidrat bisa berupa tiga perempat cangkir sereal gandum utuh segar, 1 cangkir susu skim dan 1 buah apel.



2. Roti gandum

Produk roti seperti roti gandum, muffin dan bagel juga dapat menjadi menu sarapan untuk pasien diabetes. Pilihlah roti dengan bahan yang utuh, sehingga mengandung lebih banyak serat, vitamin dan mineral. Mengonsumsi makanan tinggi serat dapat membantu mengontrol diabetes. Contoh sarapan 45 sampai 60 g karbohidrat adalah sepotong roti gandum bakar dengan 1 sendok makan selai kacang.



3. Telur

Telur memberikan protein, vitamin A dan vitamin D. Jika Anda mempunyai kolesterol tinggi, Anda harus membatasi asupan kuning telur sampai dua minggu.



Madu untuk Amankan Diabetesmu

Jika makanan di atas sudah Anda konsumsi, sangat dianjurkan menambahkan menu penutup berupa minuman manis yang aman bagi penderita diabetes. Selain untuk kesehatan, juga untuk menjaga lidah tetap merasakan manisnya kehidupan setelah mengonsumsi menu yang “tanpa rasa”. Minuman manis nan menyehatkan ini adalah madu.



Madu adalah larutan gula yang jenuh, yang sebagian besar terdiri dari fruktosa dan glukosa, disakarida, trisakarida, dan oligosakarida terdapat dalam jumlah kecil. Selain karbohidrat, madu juga mengandung protein (termasuk enzim), vitamin, dan mineral. Madu kaya akan kandungan antioksidan seperti vitamin C, flavonoid dan alkaloid. Flavonoid yang unik, yaitu pinocembrin, ditemukan dalam jumlah yang tinggi di dalam madu.



Sayangnya, belakangan banyak madu yang dikemas setelah diberi beberapa tambahan zat yang justru menjadikannya tidak aman. Bahkan, proses yang tidak tepat saat memperoleh madu dari lebah, mampu mereduksi manfaat lebah bagi kesehatan. Misalnya, proses pemanasan untuk mencairkan madu membuat beberapa zat yang terkandung didalamnya – terutama yang tidak tahan panas – mengalami perubahan struktur kimiawi. Banyaknya cairan dalam madu juga sangat berpengaruh. Sebab dengan banyaknya kadar air, bisa menyebabkan terjadinya fermentasi yang berakibat fatal yaitu adanya kandungan alcohol dalam madu.

Untuk menghindarinya, pilihlah produk madu yang sedikit mengandung air. Selain menghindari fermentasi, madu dengan kadar air rendah memiliki kandungan alami yang masih murni. Hal ini karena untuk mendapatkan madu yang sedikit kandungan airnya, selain dibutuhkan madu yang berkualitas juga proses pembuatan yang efektif. Jawaban untuk hal ini ada di HDI Clover Honey.



High Desert Indonesia Dengan Hopbisnis.com
HDI Clover Honey berasal dari bunga clover yang dinyatakan sebagai madu terbaik oleh peternak lebah di seluruh dunia. Madu ini merupakan sumber nutrisi yang paling baik. Mendapatkan nutrisi yang cukup dari makanan yang kita konsumsi merupakan hal terpenting bagi tubuh. HDI Clover Honey dengan rasanya yang khas serta teksturnya yang lembut, membantu memperlancar dan memelihara sistem pencernaan, melalui kandungan nutrisi dan enzimnya.

Bagi penderita diabetes, madu ini sangat aman untuk dikonsumsi. Hal ini terkait dengan permasalahan utama diabetasi, produksi hormone insulin. Dengan mengonsumsi madu, proses pengubahan gula dalam madu tidak melibatkan hormone insulin sama sekali. Dengan demikian, kadar gula darah akan stabil seiring stabilnya hormone ini.



Madu sendiri berfungsi sebagai energi yang terdiri dari 38% fruktosa dan 31% glukosa, yang mudah diubah menjadi energi oleh tubuh. Madu merupakan campuran antara fruktosa-glukosa yang alami, dengan kandungan oligosakarida, protein, vitamin dan mineral, yang dapat membantu meningkatkan performa atlit, seperti yang dihasilkan oleh minuman yang biasa dikonsumsi oleh atlit.



Sederet manfaat di atas disempurnakan oleh HDI Clover Honey karena produk ini adalah madu murni dengan dosis rendah yang berfungsi sebagai karbohidrat, atau bahkan sebagai pengganti gula.

No comments:

Post a Comment